SEJARAH KOMPUTER PC

Posted on | Jumat, 26 Oktober 2012 | No Comments

Pada tahun 1973 bebrapa mikrokomputer kit pertama dengan chip 8008 dikembangkan dan pada tahun itu Intel memperkenalkan chip 8080 yang 10 kali lebih cepat dibanding 8008 dan memiliki memori sebesar 64 KB.
Pada tahun 1975 MITS (Microinstrumentation & Telemetry System) Albuquerque, New Mexico USA memperkenalkan Altair Kit Melalui majalah Popular Electronic terbitan Januari 1975. Altair kit kemudian dianggap sebagai PC pertama di dunia.

Altair Kit
Komputer ini belum memiliki keyboard,layar,ataupun printer. Yang ada hanya switch yang dapat digunakan untuk memasukkan bilangan biner dan LED yang menyala untuk menunjukkan outputnya. IBM memperkenalkan apa yang disebut dengan Personal Komputer pertama pada tahun 1975. Model 5100 yang memiliki memori 16 KB, built-in display 16 baris dengan 64 karakter, built-in BASIC interpreter dan DC-300 Cartridge tape drive untuk tempat penyimpanan. Penggunaan PC semakin meluas ketika Bill Gates dan Paul Allen dari Microsoft berhasil mengembangkan sistem operasi dari bahasa BASIC dengan tampilan grafis "Meniru model sistem operasi Macintosh" dan berhasil menjualnya untuk komputer personal IBM maupun produk PC dari vendor lain.



sumber :
Buku "Mengenal Hardware Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer"
Karangan Melwin Syafrizal Daulay (Dosen STMIK Amikom Yogyakarta)

Comments

Leave a Reply

Untuk Kemajuan Blog Ini Mohon Komentarnya ya.....

Daftar Blog Saya

Categories

Pengikut

Free counters!