Sejarah Komputer

Posted on | Kamis, 25 Oktober 2012 | No Comments

Komputer berasal dari bahasa latin, computare, yang berarti menghitung (to compute), karena pada awal pembuatannya komputer pertama dirancang dan digunakan untuk keperluan penghitungan, Inspirasinya diambil dari alat hitung tertua, yaitu Abaccus (300 SM) atau yang lebih dikenal dengan Sipoa oleh masyarakat China dan disebut Sempoa di Indonesia.

Sipoa atau Sempoa
Komputer elektronik baru ditemukan pada abad ke 19, lebih tepatnya tahun (1937) oleh seorang doktor dari Harvard University yang bernama Howard G.Aiken, Howard tidak sendiri dalam mengembangkan temuannya dia bekerja sama dengan IBM (International Bussiness Machine Corp). Howard dan IBM memberi nama temuannya Harvard Mark-1 yang masih bekerja dengan tenaga elektromekanik. Komputer generasi pertama ini berat totalnya sekitar 5 ton dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.


Seorang ahli fisika bernama John V. Atanasoft bekerja sama dengan Clifford Berry dihargai karena menciptakan komputer elektronik digital pertama pada tahun 1942-1973. Atanasoff-Berry Computer (disebut ABC) merupakan komputer yang pertama kali menggunakan teknik switching digital modern dan juga tabung hampa tanpa switch. Komputer ini memperkenalkan konsep aritmatika biner dan sirkuit logika.


Atanasoff-Berry Computer 






Comments

Leave a Reply

Untuk Kemajuan Blog Ini Mohon Komentarnya ya.....

Daftar Blog Saya

Categories

Pengikut

Free counters!