Jenis Jenis Jaringan

Posted on | Rabu, 21 November 2012 | No Comments

Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis yaitu,:

Local Area Network (LAN)
Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area
lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.
Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antargedung dalam suatu daerah (Wilayah seperti provinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.


Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area / wilayah otoritas negara lain.

Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun WAN. Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN,MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu dengan yang lain.



Lokasi / Area
Jenis Jaringan
1 – 10 m
Ruangan
Local Area Network
100 m - < 1 km
Gedung Perkantoran
1 – 100 km
Kota
Metropolitan Area Network
>10 - < 100 km
Kabupaten,Provinsi
>= 100 km
Negara
Wide Area Network
>= 1000 km
Benua
>= 10.000 km
Planet
Internet











Comments

Leave a Reply

Untuk Kemajuan Blog Ini Mohon Komentarnya ya.....

Daftar Blog Saya

Categories

Pengikut

Free counters!