Pengertian Peer to Peer

Posted on | Rabu, 21 November 2012 | No Comments

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer 1-2 printer). Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan
untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer.
Peer to peer adalah suatu model dmana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain. Dengan kata lain dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama. Metode peer to peer ini pada sistem Windows dikenal sebagai Workgroup, dimana tiap-tiap komputer dalam satu jaringan dikelompokkan dalam satu kelompok kerja.
Misalnya terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen yang diberi nama group sesuai dengan deparetemen yang bersangkutan. Masing masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa saling sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing - masing, seprti printer, cdrom, file, dan lain lain.


Comments

Leave a Reply

Untuk Kemajuan Blog Ini Mohon Komentarnya ya.....

Daftar Blog Saya

Categories

Pengikut

Free counters!