Pengertian Jaringan Komputer

Posted on | Senin, 12 November 2012 | No Comments


Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer
lainnya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi bila keduana bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan(hardisk,floppydisk,cd-rom,flash-disk,dll). Data berupa teks, audio, maupun video bergerak melalui media kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer sekurang kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan, atau bahkan jutaan node yang terhubung satu sama lain.

Comments

Leave a Reply

Untuk Kemajuan Blog Ini Mohon Komentarnya ya.....

Daftar Blog Saya

Categories

Pengikut

Free counters!